-->
logo blog

Alat-Alat untuk Mengecek Responsive Template Blog

Alat-Alat untuk Mengecek Responsive Template Blog

Apa sih responsive itu? Sebuah blog atau template dikatakan responsive jika dilihat dari berbagai media, baik desktop, mobile atau lainnya itu nyaman. Alias, tidak terpotong. Memilih template yang responsive di zaman sekarang itu perlu dan sangat penting. Hal itu karena menyangkut keberlangsungan situs atau blog sahabat di media-media lain selain desktop.

Mungkin sahabat akan segera tertarik dengan tampilan template yang indah dan memukai. Tampilan itu pun keren dengan warna-warna dan fitur-fitur yang menjanjikan. Selain itu, kecepatan loadingnya pun membuat mata tak cukup untuk berkedip, saking cepetnya.  Keinginan untuk menggunakan template semacam itu pun sangat tinggi. TAPI, sayang seribu sayang template tersebut tidak responsive.

Apa akibatnya?

Akibatnya, tampilan yang super duper itu pun tak akan tampak lagi di media-media selain desktop. Tampilan itu hanya mempesona di dekstop, namun 'biasa' di media gadget atau handpone. Mengapa demikian? Karena perangkat-perangkat semacam gadget atau handpone perlu sentuhan 'responsive' agar tampilan awalnya tetap dipertahankan. Jika template tidak responsive, kemungkinan besar tampilan di media selain desktop dibuat default. Akibatnya, widget semisal popular post, label, artikel yang bersesuaian atau widget-widget yang sahabat pasang berjejer di desktop tak terlihat sama sekali.

Maka sekarang, sebelum sahabat Ngonline memilih template blog, dicek terlebih dahulu responsive atau tidaknya. Agar di kemudian hari tidak menyesal atas pilihannya.

5 Alat untuk Mengecek Responsive Template Blog


Maka pada kesempatan ini, Ngonline06 akan berbagi alat untuk mengecek responsive atau tidaknya blog sahabat semua. Berikut adalah website-website yang memberikan layanan tersebut. Caranya, sahabat tinggal menuliskan alamat blognya dan silahkan lihat hasilnya.
  1. Responsinator
  2. Alat ini mudah sekali penggunaannya. Sahabat cukup menuliskan alamat blog sahabat, maka akan muncul tampilannya dari berbagai macam media. Sahabat tinggal menarik ke bawah. Bahkan dari layanan ini, sahabat juga bisa melihat dan mengeklik tampilan di dalamnya, layaknya sahabat memiliki handpone sendiri. Adapun posisi penulisan Url adalah berada di atas sebelah kiri yang bertuliskan 'Enter Your Site'.
  3. Am I Responsive
  4. Layanan Am I Responsive juga hampir sama dengan responsinator di atas. Sahabat cukup menuliskan Urlnya di bagian bawah tengah yang bertuliskan 'See Your Site Responsive'. Maka secara otomatis, sahabat akan melihat tampilannya dari berbagai media. Sahabat dapat langsung melihat tampilannya dalam empat device.
  5. Troy
  6. Layanan Troy ini dapat dibilang very complete. Mirip seperti responsinator, namun troy ini memberikan layanan yang super lengkap dengan memberikan tampilan dari berbagai macam merk handphone, gadget, laptop, hingga tampilan desktop.
  7. Mobiletest
  8. Layanan gratis ini juga mudah penggunaannya. Sahabat tinggal menuliskan Url, maka muncul tampilannya sesuai dengan media yang dipilih. Tidak seperti layanan sebelumnya, sahabat menentukan terlebih dahulu media apa yang diinginkan. Diantara media yang ada adalah phone, tablet, laptop, dan desktop. Silahkan nikmati saja dengan mencobanya.
  9. Mobile Friendly
  10. Sengaja layanan ini saya letakkan terakhir. Layanan mobile freindly merupakan layanan milik GOOGLE sendiri. Jika keempat layanan di atas masih belum memuaskan sahabat semua, maka layanan mobile friendly ini jawaban terakhirnya. Layanan ini tidak banyak menampilkan tampilan responsive dari blog atau website sahabat. Namun layanan ini memberi jawaban bahwa blog atau website sahabat Mobile Friendly atau tidak. Caranya sahabat cukup menulis url blog sahabat dan lihat hasilnya.
Demikian alat-alat untuk mengecek responsive sebuah blog. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk sahabat semua.

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

2 comments

sama-sama kang Ade...

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan